You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Proyek Giant Sea Wall Bakal Dikaji Ulang
.
photo doc - Beritajakarta.id

Tahap I Proyek Tanggul Raksasa Butuh Rp 1 Triliun

Proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau lebih dikenal dengan Giant Sea Wall (Tanggul Laut Raksasa) terus dikebut Pemprov DKI. Untuk tahap awal (tahap A) Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI akan melakukan perbaikan tanggul di utara Jakarta dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1 triliun.

Kita anggarkan sebesar Rp 1 triliun untuk pembuatan dan penguatan tanggul di utara Jakarta

Kepala Seksi Pelaksanaan dan Pengendalian Sarana dan Prasarana Pengendali Banjir Dinas PU DKI Jakarta, Heria Suwandi mengatakan, anggaran yang disediakan akan digunakan mulai dari tahap konsultasi, perencanaan hingga pelaksanaan pengerjaan fisik.

"Kita anggarkan sebesar Rp 1 triliun untuk pembuatan dan penguatan tanggul di utara Jakarta," kata Suwandi, Senin (15/9).

Proyek Giant Sea Wall Bakal Dikaji Ulang

Dikatakan Suwandi, pembangunan dan penguatan tanggul merupakan tahap awal sebelum dibuatnya Tanggul Laut Raksasa. Tujuan pembangunan tersebut untuk menahan air pasang agar tidak masuk ke daratan.

"Ini adalah tahap A atau awal sebelum kita membangun Tanggul Laut Raksasa atau NCICD itu," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengaku sampai saat ini anggaran belum dapat dicairkan. Pasalnya, masih dalam tahap lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa DKI Jakarta, dan pihaknya akan mengawal proses lelang tersebut.

“Kegiatan anggarannya dinamakan Pembangunan Tanggul Pantai untuk mendukung NCICD. Kita lagi genjot terus di ULP, supaya bisa segera dilaksanakan lelangnya tahun ini,” ujarnya.

Ia menyebut, tanggul di utara Jakarta yakni sepanjang 32 kilometer. Namun tidak semua pembangunan tanggul dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebagian besar diserahkan kepada pengembang. Pemprov DKI Jakarta hanya berkewajiban sepanjang 8 kilometer saja. Namun, dari jumlah tersebut hanya 3 kilometer saja yang belum ditanggul. Sementara 5 kilometer lainnya sudah ditanggul namun perlu penguatan dan peninggian. Terlebih tinggi tanggul yang ada saat ini hanya setinggi 2,4 meter. Sementara jika air pasang ketinggiannya bisa mencapai 2,5 meter. Nantinya semua tanggul dibangun setinggi 5 meter.

"Semuanya akan kita tinggikan hingga lima meter," jelasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1004 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye944 personAldi Geri Lumban Tobing